-->

Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2018 dan Jumlah Pendapatannya

Negara manakah yang paling kaya di dunia saat ini? Mungkin sebagian besar akan menjawab Amerika Serikat. Ya, asumsi ini bisa saja muncul karena banyak orang yang beranggapan bahwa Amerika Serikat adalah negara adi daya (super power) yang memiliki ribuan perusahaan besar kelas dunia, dan juga dihuni oleh miliarder miliarder kelas kakap, seperti Bill Gates, Warren Buffett, dan Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook. 

Amerika Serikat memang memiliki pendapatan nasional terbesar dan sering dijadikan tolak ukur perekonomian bagi setiap negara di dunia. Namun, untuk menentukan gelar sebagai “Negara Terkaya Di Dunia” digunakan berbagai metode dan kalkulasi tertentu, salah satunya adalah dengan membandingkan besaran pendapatan nasional bruto atau GDP (Gross Domestic Product).

Indikator dan peringkat GDP Percapita setiap negara dapat menjadi acuan dalam menentukan tingkat kesejahteraan dan kekayaan suatu negara. Secara sederhana, cara untuk menentukan angka GDP Perkapita tersebut adalah dengan membagi tingkat pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduknya di tahun itu.

--- Daftar Negara Terkaya di Dunia ---

Berbagai lembaga keuangan (moneter) internasional, seperti IMF (International Monetary Fund) dan Bank Dunia (World Bank) telah melakukan riset dan pelaporan terkait GDP perkapita di semua negara. Nah, berdasarkan laporan terakhir yang dipublikasikan oleh IMF, dapat kami sajikan daftar peringkat negara-negara terkaya dan sebagai refleksi di tahun 2018 dibawah ini :

Peringkat
Negara
GDP Perkapita 2018
1 Qatar US$ 129.726
2 Luxembourg US$ 101.936
3 Singapore US$ 87.082
4 Brunei Darussalam US$ 79.710
5 Kuwait US$ 71.263
6 Irlandia US$ 69.374
7 Norwegia US$ 69.296
8 Uni Emirat Arab US$ 67.696
9 Swiss US$ 59.375
10 Hongkong US$ 58.094

1. Qatar (US$ 129.726)


Qatar negara terkaya di duniaQatar adalah salah satu negara di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Sebelah selatan perbatasan negeri ini adalah Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk Persia. Di abad ke-19, perekonomian masyarakat Qatar bertumpu pada industri perikanan dan mutiara. Kemudian mulai surut di tahun 1930-an setelah industri perikanan dan mutiaranya mendapat saingan dari Jepang yang berhasil mengembangkan dan membudidayakan mutiara. Transformasi ekonomi terjadi pada tahun 1940-an, ketika di negara tersebut ditemukan cadangan minyak bumi yang melimpah. Sampai saat ini, Qatar menjadi salah satu negara pengekspor minyak bumi dunia. Negara yang beribu kota Doha ini berhasil memperoleh pendapatan nasional lebih dari 165 miliar dolar pada tahun lalu menurut data Bank Dunia. Dalam data laporan IMF per Oktober 2016, pendapatan GDP perkapita Qatar adalah 129.726 dolar. Ini artinya rata-rata penduduk di negara tersebut dalam setiap tahunnya memperoleh penghasilan sekitar 1,7 miliar rupiah atau kurang lebih Rp 150 juta per bulan.

2. Luxemburg (US$ 101.936)


negara kaya luxembourg Pada tahun sebelumnya, negara ini merupakan negara terkaya di dunia, dan kini digeser oleh Qatar. Meskipun merupakan sebuah negara kecil dengan luas sekitar 2.586 km persegi, negara yang memiliki nama resmi Keharyapatihan Luksemburg ini memiliki pendapatan nasional cukup tinggi, yakni lebih dari 1 milyar dolar. Negara Luxemborg ini di kelilingi oleh tiga negara maju yaitu Perancis, Jerman dan Belgia menjadikannya selain kaya di sisi ekonomi juga kaya dalam hal budaya terbukti dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu Perancis, Jerman dan Luxemborg. Negara ini mempunyai tingkat pengangguran dan inflasi yang rendah. Dari sektor industri, kebanyakan di dominasi oleh perindustrian baja, karet, dan lainnya. Pendapatan rata-rata penduduknya setiap tahun adalah 1,3 miliar atau sekitar 110 juta rupiah per bulan.

3. Singapore (US$ 87.082)


kota singapura Negara di kawasan Asean yang masuk dalam zona “rich country” adalah Singapura. Negara yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya ini memiliki luas tak lebih dari 716 km persegi (lebih kecil dari pulau Bali) dengan jumlah penduduk sekitar 5,5 juta jiwa. Letaknya yang strategis menjadikan negara Singapura sebagai salah satu kawasan transit tersibuk di dunia. Sumber kekayaan dan pendapatan negara yang pernah bergabung dengan Malaysia tersebut berasal dari sektor pelayanan jasa, industri kimia, dan beberapa sektor ekonomi lainnya. Statistik Singapura merupakan yang paling tinggi di antara negara-negara lainnya yang masuk dalam wilayah Asia dihitung dalam pertumbuhan infrastruktur, rekrutmen pekerja, dan indikasi sosial. GDP per kapita pada tahun lalu di Singapura dilaporkan telah mencapai tingkat USD 87.082 (IDR 1,13 miliar).


4. Brunei Darussalam (US$ 79.710)


Logo brunei darussalamSelain Singapura, negara kecil di Asia Tenggara yang tergolong negara makmur adalah Brunei Darussalam. Eskpor minyak mentah dan gas bumi merupakan sumber pendapatan dan menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan Brunei Darussalam, sejak 80 tahun lalu. Negara yang beribu kota Bandar Sri Begawan tersebut tercatat sebagai salah satu eksportir gas alam cair (liquid petrolium gas) terbesar di dunia. Selain itu, perekonomian mereka juga digerakan oleh berbagai perusahaan dalam dan luar negeri, serta didukung oleh pemerintahan yang kuat. Wajar jika negara yang memiliki luas 5.765 km persegi ini punya pendapatan per kapita 79.710 dolar AS atau lebih dari 1,03 miliar rupiah.

5. Kuwait (US$ 71.263)


Sepuluh negara paling makmur memang didominasi oleh Eropa dan Asia, salah satunya adalah Kuwait. Negara Kuwait dilaporkan sebagai salah satu negara Muslim terkaya di dunia dengan catatan tingkat GDP per kapita mencapai USD 71.263 di tahun lalu. Kekayaan yang dimiliki oleh negara monarki ini, 95%-nya berasal dari ekspor cadangan minyak mentah dunia yang mencapai 10% atau sekitar 104 juta barel. Selain itu, dari sektor jasa keuangan, negara yang memakai mata uang Dinar ini juga dikenal memiliki sistem perbankan yang baik dan mumpuni. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya The National Bank of Kuwait sebagai bank terbesar yang ada di Arab.


6. Irlandia (US$ 69.374)


kota irlandiaDi posisi ke enam adalah Irlandia, sebuah negara kecil yang terletak di bagian barat laut Eropa. Populasi di negara yang beribu kota Dublin ini berjumlah lebih dari 4 juta jiwa dan termasuk anggota Uni Eropa. Kondisi ekonomi di negara Irlandia tumbuh dengan sangat pesat, pada tahun 1995 sampai 2007. Rata – rata pertumbuhan PDB waktu itu sebesar 6 %. Sayangnya, semenjak terjadinya krisi ekonomi global, tepatnya pada tahun 2008, kegiatan ekonomi dalam negeri menjadi menurun. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap kondisi ekonomi negara Irlandia dan sempat mengalami krisis. Berbagai upaya akhirnya berhasil membawa ekonomi Irlandia berada pada kondisi stabil. Saat ini, pendapatan perkapita penduduknya berada di angka 69.374 dolar atau sekitar 902 juta rupiah.


7. Norwegia (US$ 69.296)


negara kaya norwegiaNorwegia (Norway) merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Negara yang beribu kota Oslo ini memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas. Norwegia juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah. Hampir sebagian besar income negara ini berasal dari dari sektor laut, selain kaya dengan hasil tambang seperti minyak bumi dan gas alam. Luas total Norwegia adalah 385,525 km² dan populasi penduduknya sebesar 4.9 juta. Dengan kondisi negara yang stabil dan maju, Norwegia mampu mencapai pendapatan per kapita sebesar 69.295 dolar AS atau sekitar Rp 900 juta.

8. Uni Emirat Arab (US$ 67.696)


kota uni emirat arabNegara di kawasan timur tengah memang diberkahi dengan sumber daya alam yang melimpah, terutama minyak bumi dan gas alam yang merupakan sumber energi utama bagi industri dan roda ekonomi dunia. Kekayaan Uni Emirat Arab berdasarkan pengeluaran minyak dan gas yaitu 33% dari GDP negara itu. Negara yang beribu kota Abu Dhabi tersebut merupakan negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak 1973, United Arab Emirates telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi. Selain minyak dan gas, sektor yang turut andil mendorong perekonomian UEA adalah pelayanan dan telekomunikasi. GDP perkapita Uni Emirat Arab berada di kisaran 67.696 dolar atau sekitar 880 juta rupiah.


9. Swiss (US$ 59.375)


negara swissSwiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerja sama internasional yang kuat. Selain aktivitas di sektor ekspor bahan kimia dan mesin industri, negara yang beribu kota Bern ini juga dikenal sebagai pusat perbankan dan investasi terbaik di dunia. Tak heran, jika banyak miliarder dunia, termasuk orang kaya di Indonesia yang menanamkan saham dan berinvestasi di negara ini. Sejumlah kotanya juga berkali-kali didaulat sebagai negara dengan standar kehidupan terbaik di dunia. Swiss juga mendapatkan rating tertinggi di Eropa untuk Indeks Kebebasan Ekonomi 2010. Pendapatan per kapita negara ini pun lebih tinggi daripada kebanyakan negara Eropa Barat lainnya, dan Jepang. Tahun lalu GDP Swiss tercatat pada angka 59.375 dolar atau sekitar 772 juta rupiah.


10. Hongkong (US$ 58.094)


kota hongkong kayaDi posisi sepuluh besar ada Hong Kong, sebuah daerah administratif China yang  terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan. Sebagai salah satu pusat keuangan dunia, Hong Kong memiliki sistem ekonomi kapitalis yang ditandai dengan pajak rendah dan perdagangan bebas. Mata uang Dolar Hong Kong adalah mata uang terbanyak diperdagangkan kedelapan di dunia. Hong Kong menjadi pusat penting bagi perdagangan dan keuangan dunia, dan banyak menjadi kantor pusat korporat-korporat besar di kawasan Asia Pasifik. Sektor pariwisata juga menjadi salah satu daya dorong perekonomian Hongkong. Daerah yang kecil dengan jumlah penduduk yang besar, yakni sekitar 7,5 juta jiwa membuat Hong Kong sebagai salah satu kawasan padat penduduk. Namun demikian, daerah ini tetap menjaadi kawasan yang memiliki pendapatan perkapita tinggi, yakni sekitar 58.094 dolar atau lebih dari 755 juta rupiah.

Sumber : https://www.diedit.com/negara-terkaya-di-dunia/

0 Response to "Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2018 dan Jumlah Pendapatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel